Selasa, 10 Maret 2015

Cara menanam padi yang baik dan benar

Cara menanam padi yang baik dan benar

Cara menanam padi yang baik dan benar - Cara bercocok tanam yang baik merupakan salah satu hal yang perlu diketahui oleh setiap orang,bukan hanya para petani tetapi setiap orang pun perlu mengetahui langkah-langkah menanam padi yang baik dan benar dengan harapan ilmu ini dapat dimanfaatkan oleh lingkungan atau orang disekitar kita,atau bisa jadi banyak sodara atau keluarga kita yang menjalani kehidupan atau menjalankan usaha dari hasil pertanian,oleh karna itu bacalah artikel tentang cara menanam padi yang baik dan benar agar pengetahuan ini dapat kita amalkan atau bisa di jalankan sendiri dalam mengolah lahan pertanian.

Bertani merupakan salah satu usaha yang mempunyai prospek menjanjikan pada saat ini juga di masa depan (contoh bertani padi),bisa kita bayangkan efek dari pembangunan besar kemungkinan lahan yang dipakai bertani tambah lama bisa akan berkurang dan efek dari tingginya angka kelahiran sudah dapat dipastikan kebutuhan beras/padi akan terus meningkat .hanya saja untuk mendatangkan hasil yang maksimal maka banyak hal yang perlu kita ketahui atau harus dipersiapkan sebelum memulai penanaman padi,diantaranya :

Pemilihan Benih atau Bibit

Pilihlah benih atau bibit tanaman padi yang sesuai dengan areal lahan yang akan ditanami padi serta perhatikan pula asupan air/sumber air yang terdapat pada lahan tersebut.

Persiapan Lahan

 Sebelum memulai penanaman padi usahakan lahan yang akan ditanami padi merupakan lahan yang subur juga banyak mengandung hums,serta dekat dengan sumber air,tanahnya terbuka dan tidak tertutup oleh bangunan dan pohon yang besar.

Pembenihan dan Penaburan Benih

Pisahkan benih padi yang bernas dengan yang kosong dengan cara merendam benih padi tersebut selama satu malam, sedangkan dalam penaburan benih padi, pilihlah tanah yang gembur yang sudah melalui proses pengomposan dengan SOT.silahkan baca tentang manfaat SOT untuk tanaman padi
Lakukan penaburan benih ini secara merata lalu tutup denga tanah berpasir, setelah itu tutup kembali tanah berpasir tersebut dengan dedauanan seperti daun padi yang sudah mongering atau menggunakan daun pisang. Penyiraman benih cukup dilakukan pada pagi hari dan sore saja.

Penggarapan Lahan

 Dalam hal penggarapan lahan, seharusnya mencapurkan jerami busuk dengan pupuk kandang dan dibiarkan teraduk dengan menggunakan tratror. Hal ini dilakukan bermaksudkan untuk membuat tanahnya semakin subur dan tidak mudah cepat kering.

Penanaman

Lakukan penanaman benih setelah mencapai usia  yang cukup,agar pertumbuhan padi bisa maksimal maka berikan jarak tanam padi tidak terlalu dekat/rapat.

Berikut adalah tips atau cara menanam padi yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang efisien.
Bagi anda yang berminat untuk melakukan pemesanan ,silahkan kirimkam melalui SMS dengan format :
SOT #Jumlah pemesanan # Nama # Alamat lengkap # No tlp/Hp
kirim ke  0822-1683-4499

Contoh pemesanan 3 botol SOT
SOT # 3 botol # Dindin Jaenudin # Jln Kapten Heru Suryadi ,Desa Imbangara ,Kec Ciamis # 0822.1234.0000
kirim ke  0822-1683-4499
( SOT adalah kode produk yang wajib anda sertakan dalam setiap pemesanan agar pesanan tidak tertukar dengan produk lain )
 
Untuk konsultasi bisa hubungi : Ibu Sari   
Hp         : 0823 1805 1919
Pin BB  : 29D07206

Tagged: , , , , ,

3 komentar: