Kamis, 10 September 2015

Cara membuat pupuk kompos - Kompos merupakan pupuk yang terbuat dari berbagai bahan organik seperti sisa mahluk hidup baik tumbuhan atau hewan yang dibusukan oleh mikroorganisme atau bakteri penguarai.ada dua macam proses pembuatan kompos yaitu melalui aerob (dengan udara) atau anaerob (tanpa udara),dari kedua cara ini mempunyasi hasil yang sama baiknya.

Cara membuat pupuk kompos

Pada kesempatan ini kami akan memberikan cara membuat kompos yang mudah dan cepat dengan bantuan Suplemen Organik Tanaman (SOT) ,SOT atau mikroba matrik merupakan salah satu jenis pupuk organik yang mengandung lima puluh dua mikroba laktogen yang berfungsi sebagai penyubur, pembenah, dan penyehat tanah. Juga terdapat unsur hara makro dan mikro yang seimbang untuk tanaman, senyawa bioaktif, hormon pertumbuhan, vitamin dan hara esensial bagi tanaman juga mengandung anti hama.

Untuk mempermudah dalam pembuatan maka sekarang kita langsung saja ke cara pembuatan kompos dengan bahan seperti dibawah ini dengan berat 200 kg (untuk pembuatan sesuai keinginan maka kita hanya tinggal hitung saja perbandingannya) .

Bahan yang diperlukan :

1. Kotoran ternak 200kg
2. Abu sekam (sudah dibakar)   37.5kg
3. Bekatul (dedak)   12.5 kg
4. Dolomit  12.5 kg
5. Gula pasir  1/4 kg
6. SOT      1 btl

Langkah selanjutnya proses pembuatan  :

  1. Larutkan 1 botol SOT dan 200 gr gula pasir ke dalam 5 liter air 
  2. Campurkan semua bahan : kotoran ternak, abu sekam, bekatul, dan dolomite secara merata.
  3. Semprotkan larutan SOT secara merata memakai sprayer dengan membuat lapisan sedikit demi sedikit
  4. Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan airnya kurang lebih 30% (ciri-cirinya adalah air tidak menetes/setengah basah dan bila dikepal dengan tangan susah pecah)
  5. Setelah tercampur dengan baik, adonan campuran tadi dimasukkan kedalam drum atau tong plastik dan ditutup dengan rapat untuk proses fermentasi tahap 2. 6.Waktu yang diperlukan adalah selama 3 hari (72 jam)
  6. Selama fermentasi suhu akan mengalami kenaikan sampai 50⁰C itu tandanya reaksi fermentasi berhasil dilakukan
  7. Kemudian dinginkan dan akhirnya pupuk bokashi pun siap anda gunakan sebagai pupuk organik

Untuk mendapatkan hasil atau kompos yang baik maka sebaiknya kotoran ternak  yang di gunakan dari ternak yang sudah di ber pakan Fermentasi dengan SOC, dan apabila susah mendapatkan maka bisa kita gunakan kotoran hewan yang ada tetapi sebaiknya di fermentasi terlebih dahulu dengan Phefoc

Untuk info dan pemesanan silahkan hubungi :
Ibu Sari  0823 1805 1919

Tagged: ,

2 komentar: